Jumat, 17 Juli 2009

Tips Merapikan dan Merawat Alis Mata Anda

Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.

Bentuk alis mata pada manusia biasanya bagaikan bulan sabit dengan lengkungan agak tajam di bagian pelipis. Tidak jarang juga dijumpai orang dengan alis mata bagian kiri dan bagian kanan yang bersambung menjadi satu.

Bentuk alis mata dan arah tumbuh rambut pada alis dimaksudkan agar keringat atau air bisa mengalir ke kening dan jatuh ke pipi, atau ke arah pipi melewati puncak hidung. Bentuk tulang dahi pada bagian alis mata juga ikut melindungi mata dari tetesan keringat dan air.

Alis mata juga berfungsi sebagai penahan berbagai macam kotoran yang bisa memasuki mata, seperti pasir, debu, dan ketombe. Selain itu rambut pada alis mata juga menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata, misalnya serangga yang hendak masuk ke mata.

Dalam komunikasi antarmanusia, alis mata merupakan salah satu alat untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, seperti takjub, marah, bingung, atau tidak paham.

Riasan alis mata

Alis mata merupakan salah satu objek untuk dirias pada wajah manusia. Bentuk alis mempengaruhi riasan mata secara keseluruhan, sehingga wanita sering merapikan alis dengan cara mencabut, mencukur, atau menggunting untuk mendapat bentuk alis yang ideal.

Sebaliknya wanita dengan alis mata yang tipis karena bagian alis mata kurang ditumbuhi rambut bisa merias alis mata dengan pensil alis yang biasanya berwarna coklat alami. Selain itu, pensil alis digunakan untuk memanjangkan ujung alis mata pada pelipis agar mendapat panjang alis mata yang ideal.

Maskara berwarna hitam yang biasanya digunakan pada bulu mata juga dapat dipakai untuk membuat kesan alis mata yang lebih tebal.


tips merapikan alis


unique. Jadi kalau alis mata Anda termasuk kategori tipis, maka panjangkan saja. Namun, apabila alis mata Anda termasuk dalam kategori alis mata tebal, maka berikut ini adalah Tips merapikan alis mata Anda:

1. Kompres daerah sekitar alis mata dengan es batu selama 1 menit, sebelum merapikan alis mata dengan pinset.

2. Sikat rambut alis semuanya ke arah atas sebelum membentuk alis. Cari bagian tertinggi dari alis sebagai patokan membentuk lengkungan alis.

3. Pegang pendil di sisi hidung, kemudian geser ke arah ujung luar mata sebagai patokan berakhirnya ujung alis.

4. Cabut a;is satu per satu dari bawah, searah tumbuhnya alis.

5. Jangan menggunakan pinset dalam keadaan licin atau basah.

6. Hindari mencabut alis langung beberapa helai sekaligus karena akan terasa sakit.

7. Jangan pernah mencukur habis alis mata Anda sehingga benar-benar botak.

8. Hindari pula mencabut alis saat pagi atau siang hari, karena akan membekas merah selama beberapa jam sehingga penampilan Anda akan seperti ‘monster’.

9. Hindari memakai warna pensil alis yang tidak senada dengan warna alis Anda.




0 komentar:

Posting Komentar

 

comment box

indahQmu blog's Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template