Jumat, 14 Agustus 2009

Perlindungan Kualitas Listrik ala APC

Kualitas Listrik (Power Quality) adalah istilah teknis yang mempunyai implikasi praktis pada usaha dan peralatan Anda. Listrik memiliki beberapa karakter ketika dialirkan. Listrik memberi tenaga pada semua peralatan elektronik secara merata. Akan tetapi, ketika listrik dialirkan melalui kabel ke perangkat-perangkat elektronik, berbagai macam bagian dari peralatan dapat mengubah kualitas dari listrik. Perubahan-perubahan dalam kualitas listrik seperti bertambah dan berkurangnya voltase, pemadaman listrik, dan noise biasa terjadi di sektor industri dan komersil. Hal paling buruk yang dapat diakibatkan oleh kualitas listrik yang tidak baik adalah rusaknya peralatan elektronik.

Ketika gangguan listrik terjadi pada semua sistem listrik, perangkat elektronik yang sensitif sangat rawan terhadap gangguan listrik. Bagi sebagian perangkat elektronik yang sensitif, gangguan listrik sementara dapat mengacaukan data, mengganggu komunikasi, mouse menjadi tidak bisa bergerak, sistem crash, dan peralatan menjadi tidak berfungsi.

"Penelitian membuktikan hampir 80 persen masalah kualitas listrik di Usaha Kecil Menengah (UKM) disebabkan oleh gangguan dari dalam fasilitas atau bisnis tersebut. Ketika sebuah bangunan menggunakan tenaga listrik dengan besar karena ada peralatan seperti kipas angin, pendingin ruangan, dan mati dan nyala terus secara bergantian, hal ini dapat menyebabkan power 'dip' dan surge yang mengganggu peralatan lain yang ada di bangunan terebut. Halilintar merupakan salah satu penyebab utama gangguan listrik dan lebih dari 10% gangguan listrik disebabkan oleh halilintar," jelas Andy Low, Country Manager of APC by Schneider Electric.

Solusi kualitas listrik untuk UKM bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu Surge suppressors dan Uninterruptible Power Supplies.

Untuk Surge Suppressor dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan potensi kerusakan dari spike atau surge dan noise. Berikut beberapa tipe dari surge suppressors,

1. Service entrance surge suppressors. Alat ini melindungi perangkat elektronik dari gangguan saat dialiri tenaga listrik pada perangkat meter listrik. Alat ini dapat dimasukkan pada socket di perangkat meter listrik atau hard-wired tergantung pada aplikasi.

2. Plug-in surge suppressors. Surge suppressors yang dapat ditempelkan ke dinding dan portable ini digunakan pada setiap peralatan dan memberikan perlindungan tambahan dari gangguan listrik.

3. Telephone/cable/modem line suppressors. Gangguan tenaga listrik tidak hanya datang dari kabel listrik, bisa juga dari kabel telepon dan internet/modem. Alat ini melindungi perangkat elektronik dari gangguan listrik yang datang dari kabel telepon dan internet/modem.

Uninterruptible Power Supplies (UPS), perangkat UPS merupakan sumber tenaga listrik cadangan untuk perangkat-perangkat elektronik ketika terjadi blackout atau power loss. Sistem UPS dapat dirancang untuk memberikan tenaga listrik yang cukup agar komputer dan perangkat elektronik sensitif lainnya sempat untuk dimatikan tanpa merusak dan menyebabkan hilangnya data. Power conditioning UPS dapat melindungi perangkat elektronik dari gangguan listrik seperti spike, surge, dan noise.

0 komentar:

Posting Komentar

 

comment box

indahQmu blog's Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template