Jumat, 14 Agustus 2009

Apakah Burung Itu ?

Burung adalah binatang vertebrata (bertulang belakang) yang berkembang biak dengan bertelur. Hampir seluruh tubuhnya berbulu, dan suhu tubuhnya antara 38o – 45o Celcius. Didunia ini terdapat ribuan jenis (spesies) burung dengan segala bentuk, ukuran dan warna. Tetapi mereka semua mempunyai ciri yang sama yaitu mempunyai bulu, sepasang sayap, walaupun tidak semua burung dapat terbang. Selain itu juga mempunyai paruh yang keras sebagai pengganti gigi sesuai dengan spesies dan makanannya.

Burung Pertama

Menurut sejarah, burung yang pertama adalah Archaeopteryx. Burung ini berbulu dan besarnya seperti burung camar. Selain itu mempunyai tiga cakar pada ujung setiap sayapnya serta memiliki paruh yang dilapisi dengan lebih dari 40 gigi, padahal sampai saat ini tak ada seekor burung pun yang bergigi.

Archaeopteryx biasanya memanjat pohon, tempat ia meluncurkan dirinya dan melayang. Pada waktu itu juga ada jenis burung lainnya yang disebut "Pterosaurus". Kaki depannya tumbuh menjadi jari yang sangat panjang dan sayapnya yang tak berbulu terbuat dari kulit yang menyatu bersama pada jari ini, mirip dengan kelelawar saat ini.

Jenis Burung

Spesies atau jenis burung dibedakan berdasarkan ciri-cirinya. Burung yang memiliki paruh, kaki dan sayap yang berbeda maka makanan dan habitatnya pun sangat berbeda. Contohnya, burung yang mempunyai kaki berselaput seperti itik, angsa, camar yang yang memungkinkannya bergerak dalam air. Kemudian ada lagi burung pemangsa yang memiliki sayap lebar dan besar yang berguna untuk terbang melayang ketika mencari mangsa, paruhnya bengkok dan kuat serta kakinya dilengkapi dengan cakar tajam untuk mencengkeram mangsanya. Contoh burung ini yaitu burung elang dan burung hantu. Jenis burung yang saat ini diketahui dan merupakan burung terbesar adalah burung unta dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan berat 150 kg, tetapi burung ini tidak dapat terbang. Sedangkan burung terkecil yang diketahui saat ini adalah burung kolibri lebah. Burung kolibri lebah ukurannya hanya sebesar jempol orang dewasa. Beratnya lebih ringan daripada seekor ngengat besar.

Bagaimana Cara Burung Terbang ?

Untuk dapat terbang, pertama-tama burung harus lepas landas dari tanah. Oleh karena itu, burung harus mempunyai berat seringan mungkin. Hampir semua burung terbang dengan mengepak-ngepakkan sayapnya ke atas dan ke bawah dengan cepat. Sayapnya melengkung di bagian depan dan hampir rata di bagian belakangnya. Bentuk ini membantu mengangkatnya ke udara dan memungkinkan burung menciptakan kehampaan di atasnya, yaitu hampir tak ada udara sama sekali. Sementara kelebihan udara menumpuk di bawah sayap yang digunakan untuk menopang dirinya di angkasa. Untuk mendaratkan tubuhnya, burung mengurangi kecepatan dengan menutup sayap dan ekornya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

comment box

indahQmu blog's Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template